Gara-Gara Uang, Diego Costa Terancam Dipenjara 1/2 Tahun

Posted on

Striker Atletico Madrid Diego Costa terancam penjara semasa enam bulan sesudah terlibat masalah penggelapan pajak.

Masalah ini sebetulnya telah diselidiki lama. Selanjutnya masalah ini mulai diolah di pengadilan semenjak tahun 2019 tempo hari.

Sky Sports memberikan laporan Costa dipandang menggelapkan pajak di tahun 2014 yang lalu. Waktu itu dia dibeli oleh Chelsea dari Atletico.Dari transfer itu, Costa mendapatkan penghasilan sebesar 5.15 juta euro. Dia harusnya bayar pajak sebesar satu juta euro.

Penjara serta Denda

Disamping itu Diego Costa hadapi dakwaan lain. Dia dipandang tidak bayar pajak atas penghasilan yang dia peroleh dari image rights-nya.

Sky menyebutkan jaksa penuntut di Madrid akan meminta dipenjara semasa enam bulan. Disamping itu dia harus juga didenda lebih dari pada 500 ribu euro.

Namun di Spanyol, hukuman di bawah 2 tahun untuk kejahatan tanpa ada kekerasan bisa diganti dengan denda. Maka bila dipastikan bersalah, Costa akan hindari penjara bila dia bayar denda penambahan 36.500 euro.

Tanggal sidang di pengadilan akan berjalan satu minggu sebelum diawalinya lagi pertandingan La Liga pada 11 Juni, mengejar penundaan liga sebab epidemi coronavirus.

Masalah Lain

Kabar masalah penggelapan pajak di Spanyol ini bukanlah kali pertamanya menerpa beberapa pemain sepak bola di La Liga. Ada banyak pemain lain yang senasib dengan Diego Costa.

Bekas bintang Real Madrid, Xabi Alonso sempat juga terjegal masalah ini. Demikian pula dengan superstar Juventus, Cristiano Ronaldo.

Dari Barcelona, Lionel Messi, Neymar, serta Javier Mascherano sempat juga terlibat permasalahan yang sama. Ke-3nya dibebaskan dari hukuman penjara sebab bayar denda yang dijatuhkan pengadilan.

(sky sport)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *